Total Tayangan Halaman

Kamis, 30 Juni 2011

APEL


Apel merupakan tanaman buah tahunan yang berasal dari daerah Asia Barat
dengan iklim sub tropis.

Tanaman apel dapat tumbuh dan berbuah baik pada ketinggian 700-1200 m dpl.
dengan ketinggian optimal 1000-1200 m dpl
Agar dapat tumbuh dan berbuah dengan baik, tanaman apel menghendaki curah hujan antara 1.000 - 2.600 mm/tahun dengan hari hujan 110-150 hari/tahun. Dalam setahun banyaknya bulan basah adalah 6-7 bulan dan bulan kering 3-4 bulan. Curah hujan yang tinggi saat berbunga akan menyebabkan bunga gugur sehingga tidak dapat menjadi buah.
Tanaman apel membutuhkan cahaya matahari yang cukup antara 50-60% setiap
harinya, terutama pada saat pembungaan. Suhu yang sesuai berkisar antara 16-27 derajat C.
Kelembaban udara yang dikehendaki tanaman apel sekitar 75-85%.
Apel meiliki nama ilmiah Malus sylvestris Mill, dari spesies Malus sylvestris Mill ini, terdapat bermacam-macam varietas yang memiliki nilai ekonomis tinggi :.
Beberapa varietas apel unggulan antaralain:
Rome Beauty.
Bentuk buah bulat sampai jorong, ujung buah berlekuk dangkal dan pangkal berlekuk dalam. Diameter buah 5-12 cm,dengan berat rata-rata 75-300 gram per buah.Kulit buah berwarna merah, sedangkan bila di bungkus / terlindung berwarna hijau. Daging buah berwarna kuning, tekstur keras dan kasar, rasa manis segar.. Produksi sekitar 15 kg per pohon.
Manalagi.
Rasa daging manis( walau belum matang ), aroma nya kuat, Tekstur daging liat dan kurang mengandung air., Warna daging buah putih kekuningan.
Bentuk buah bulat, ujung dan pangkal berlekuk dangkal. Diameter buah antara 4 – 7 cm dengan berat buah 75- 160 g per buah. Kulit buah saat matang berwarna kekuningan.
Produksi per pohon rata-rata 7.5 kg.
Anna
Bentuk buah lonjong seperti trapesium terbalik dengan pangkal berlekuk dalamdan ujung berlekuk dangkal. Kulitnya sangat tipis sehingga tidak tahan disimpan lama. Warna kulit merah tua, mirip apel impor.
Rasa daging asam dan aroma kurang tajam. Bila telah diperam 3-4 hari rasabuah jadfi manis dengan aroma tajam. Daging buah berwarna kuning mengandung banyak air.
Hasil per pohon berkisar antara 15 – 20 kg per pohon per tahun.

Princess Noble
Apel ini di sebut juga apel hijau atau apel Australia. Cirri khasnya terletak pada warna kulit buah yang tetap hijau walaupun buah sudah matang.
Bentuk buah agak bulat dengan lekukan di bagian ujung agak dalam. Berat rata-rata tiap buah sekitar 175 gram. Daging buah berwarna putih, keras, bertekstur halus dan beraroma kuat.
Produksi per pohon 30 -40 kg pertahun.
Bibit
Tanaman apel di perbanyak dengan cara generative ( dengan biji ) dan cara vegetative( cangkok, rundukan, maupun okulasi ).
Umunya pengadaan bibit dilakukan dengan cara okulasi.
Harga bibit berkisar diangka Rp 25.000,- per batang untuk ukuran bibit 30 – 50 cm
Bila memerlukan bibit Apel bisa menghubungi Kebun bibit mutiaratani
Jl. Dalurung raya no 31/63 Perum bantarjati bogor
Telp: 0251-8321 959 atau Lulu Bahrul Falah 0813 852 18159
_________________________
Dari berbagai sumber:
Widyastuti. YE dan Paimin. FB, 1993, Mengenal Buah Unggul Indonesia, PT.
Penebar Swadaya dan Trubus, Jakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar